Membangun Tenaga Penting yang dapat diraih,,,
- Bangunlah hanya apa yang kamu butuhkan. Kebanyakan dari kita
terkadang berlebihan dalam menentukan tenaga yang kita butuhkan.
Gambarkan karakter tenaga seperti apa yang kamu inginkan, pilah mana
yang paling mampu diraih dengan daya tahan tinggi dan bagaimana cara
mendapatkannya. – Jika tidak ada batasan akan ukuran mesin, maka BORE UP
adalah pilihan tepat. Penambahan kapasitas mesin 20 cc, akan lebih
terasa dibandingkan memasang piston diameter tidak jauh beda dan
berujung jenong. Dan kerjakan noken as dengan penambahan se optimal
mungkin.
- Cari sumber-sumber pasti penambah tenaga, knalpot free flow , atau
karburator dengan venturi lebih besar, misalnya. Dimana tenaga yang
diperoleh akan sangat berbanding dengan uang yang kita keluarkan.
- Tingkatkan aliran udara! Janganbuang-buang uang untuk membeli
setang piston, piston , magnit, bearing yang ber-embel-embel racing di
motor harian kamu! Kesemuanya omong kosong. Piston izumi jupiter 52mm
bagaimanapun akan kalahdalam menghasilkan performa dibandingkan dengan
piston kawasaki Zx oversize 150. Letakkan uangmu untuk memperbaiki dan
meningkatkan airflow, pengerjaan porting-polished, dan merubah
konfigurasi diameter klep akan jauh lebih bermanfaat dan berdaya tahan
tinggi ketimbang belanja part yang sewaktu2 dapat digantikan.
Terpenting dari itu semua adalah, Keawetan dan Kehandalan mesin setelah ditingkatkan performanya. Bagaimana caranya?!
- Mejaga RPM – Tidak ada perusak mesin utama selain overturn, Putaran
mesin yang melampaui batas. Jangan memaksa mesin untuk teriak 14,000
RPM , jika puncak tenaga hanya di 10,000 RPM. Semakin kamu mampu menjaga
RPM , maka semakin awet mesin mu.
- Kompresi — masalah utama dari peningkatan kompresi akan
meningkatkan kemungkinan mesin detonasi. Semakin kamu bisa menemukan
mesin kencang dengan kompresi relatif rendah, semakin baik. Tapi
mempelajari cara membaca busi akan membawamu jauh dari masalah, setinggi
apapun kompresimu.
– Pir klep dan kawan-kawan — Jika kamu hanya memiliki dana untuk
membangun mesin 1 kali, pas-pas an, Maka jangan coba-coba mengawalinya
dengan noken as agresif yang mengangkat dan membanting klep dari tempat
sangat tinggi. Letakkan noken as dengan lift tinggi di gudang.
Terkeceuali kamu memiliki pir klep yang dapat dihandalkan. Masukkan
udara sebanyak mungkin dengan karburator berventuri lebih besar, jangan
dengan kem yang lebih liar.
Buatlah dirimu lebih menghargai apa itu seni modifikasi dengan nilai
kehati-hatian dan ketekunan tinggi. Dengan dana terbatas maka perkayalah
dirimudengan ilmu, sebelum menjatuhkan pilihan ke mana kamu akan
membawa motormu dan siapa yang mendesainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar